http://www.republika.co.id |
Universitas Terbuka adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia.
[sunting]
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian cepat menuntut kita untuk terus meningkatkan potensi sumber daya manusia (SDM) yang menunjang produktivitas. Namun, keterbatasan tempat dan waktu menjadi kendala utama bagi banyak orang dalam mengembangkan diri dan meningkatkan k Sejak diresmikan pada tahun 1984, UT mendapatkan mandat dari pemerintah untuk memberikan kesempatan yang sangat luas kepada semua warga negara Indonesia, baik yang baru lulus SLTA maupun yang sudah bekerja untuk mengikuti pendidikan tinggi tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, umur, dan tempat tinggal mereka. Sistem pembelajaran UT memungkinkan belajar yang fleksibel kepada mereka yang tidak memperoleh kesempatan mengikuti sistem pendidikan tinggi tatap muka.Sistem Terbuka & Fleksibel
Tanpa memandang kondisi mahasiswa, sistem belajar terbuka dan jarak jauh yang diterapkan UT membantu pencapain tujuan belajar karena:
- tidak ada pembatasan jangka waktu penyelesaian studi dan tidak memberlakukan sistem drop out;
- tidak ada pembatasan, baik tahun kelulusan ijazah SLTA maupun umur;
- waktu pendaftaran (registrasi) leluasa sepanjang tahun;
- ruang, waktu, dan tempat belajar yang fleksibel sesuai dengan kondisi mahasiswa;
- penggunaan materi belajar multimedia, termasuk bahan belajar cetak baik yang dilengkapi dengan kaset audio dan video/CD, CD-ROM, siaran radio dan TV, maupun bahan belajar berbasis komputer dan internet.
Dengan jumlah mahasiswa aktif lebih dari 460.000, UT tergolong dalam “The Top Ten Mega University of the World” dan salah satu anggota sekaligus pendiri “The Global Mega-University Network (GMUNET). GMUNET didirikan pada tahun 2003 merupakan jaringan universitas terbuka seluruh dunia dengan jumlah mahasiswa yang terdaftar lebih dari 100.000 orang
[sunting]Penjaminan Kualitas
UT telah mendapatkan akreditasi, baik akreditasi nasional maupun internasional. Secara internasional, UT telah memperoleh Akreditasi Internasional dan Sertifikasi Kualitas dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA), dan UT telah mendapatkan ISO dan SGS 9001:2000 dalam berbagai bidang dari Badan Sertifikasi SAI Global dan SGS. Di samping itu, sebagian besar program studi di UT telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT).
[sunting]Program-program Akademik
UT memiliki empat fakultas dan satu Program Pascasarjana yang menawarkan lebih dari 30 program studi meliputi Program Magister (S2), Program Sarjana (S1), Program Diploma (D1, D2, D3, dan D4), dan Program Sertifikat. Empat fakultas tersebut adalah:
- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
- Fakultas Ekonomi
- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
[sunting]Sistem Registrasi Fleksibel
Sistem registrasi UT sangat sederhana. Untuk menjadi mahasiswa UT, calon mahasiswa cukup mengikuti langkah berikut:
- membeli berkas registrasi pertama pada kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) terdekat;
- mengisi formulir registrasi;
- membayar SPP pada Bank yang ditunjuk dengan menggunakan Tanda Bukti Setor UT (TBS-UT);
- mengembalikan formulir registrasi beserta berkas persyaratan (termasuk TBS-UT) ke UPBJJ-UT [1] terdekat dengan diserahkan sendiri atau dikirim melalui pos. Untuk kemudahan mahasiswa, UT sedang memfinalkan aplikasi registrasi secara online melalui www.ut.ac.id.
[sunting]Bahan Ajar
Dalam era globalisasi, sistem belajar terbuka dan jarak jauh merupakan sistem belajar yang efektif, fleksibel, dan menguntungkan. Belajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja.
Bahan ajar cetak (modul) merupakan bahan ajar utama yang didesain untuk dapat digunakan secara mandiri tanpa bantuan tutor. Modul-modul yang ada juga telah dilengkapi dengan bahan ajar non-cetak seperti kaset audio video, CD, siaran radio dan televisi, serta bahan ajar berbasis komputer dan internet (CAI dan Web-Supplement). UT menjamin bahan ajar dan bahan ujian yang berkualitas. Bahan ajar dan bahan ujian UT dikembangkan oleh para penulis yang ahli dalam bidangnya yang merupakan dosen-dosen dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Kualitas bahan ajar UT telah dikenal oleh masyarakat luas dan terbukti banyak digunakan oleh perguruan tinggi lain di Indonesia.
Bahan ajar UT dapat dibeli oleh mahasiswa UT sendiri maupun masyarakat umum melalui koperasi Karunika UT Pusat di Jakarta. Di samping itu, bahan ajar juga dapat dipesan secara online melalui koperasi Karunika dengan alamat http://www.tbo.karunika.co.id.
[sunting]Layanan Bantuan Belajar
Layanan bantuan belajar terdiri atas layanan akademik dan administrasi.
Layanan Akademik
Layanan akademik dilakukan melalui kegiatan tutorial. Ada dua jenis layanan tutorial yaitu: tutorial tatap muka dan tutorial jarak jauh melalui radio, televisi, dan internet. Di samping itu, bimbingan praktik juga disediakan untuk mata kuliah yang memerlukan praktik. Kegiatan tutorial dan bimbingan praktik dilakukan oleh para tutor yang berkualitas, baik berasal dari perguruan tinggi negeri maupun swasta dan dari UT sendiri. Untuk mata kuliah tertentu, adakalanya mendatangkan narasumber yang diundang dari para pelaku bisnis, industri dan sektor lain yang relevan.
Layanan Adminstrasi
Pelayanan administrasi difokuskan pada pemberian bantuan kepada mahasiswa dalam registrasi, mendapatkan bahan ajar, alih kredit, dan hal-hal lain yang dapat memengaruhi proses belajar mahasiswa.
[sunting]Evaluasi Hasil Belajar
Evaluasi hasil belajar mahasiswa didasarkan pada Tugas dan Partisipasi Tutorial, Praktik/Praktikum, dan Ujian Akhir Semester (UAS). Komponen-komponen tersebut dapat mencerminkan pencapaian prestasi belajar dan berkontribusi dalam nilai akhir semester mahasiswa.
UT menyelenggarakan ujian akhir pada setiap akhir semester atau dua kali setahun. Ujian akhir dilakukan secara tertulis serentak di seluruh nusantara. Mahasiswa yang mengambil program sarjana (S1) diwajibkan menempuh Tugas Akhir Program (TAP) setelah memenuhi persyaratan tertentu. Mahasiswa yang mengambil program Pascasarjana (S2) diwajibkan menyusun tugas akhir program magister (tesis) dan ujian lisan.
Nilai hasil ujian diumumkan melalui website UT, dan melalui UPBJJ-UT (Daftar Nilai Ujian/DNU).
[sunting]Alih Kredit
Mahasiswa UT dapat mengajukan alih kredit untuk mata kuliah yang pernah diambil dari perguruan tinggi lain yang terakreditasi. Informasi tentang prosedur dan formulir permohonan alih kredit dapat diperoleh di UPBJJ-UT atau website UT.
[sunting]Jaringan Kerja
UT memiliki kantor Regional sebanyak 37 UPBJJ-UT[1] yang tersebar di 33 provinsi seluruh Indonesia. Untuk mendukung kegiatan operasional, setiap UPBJJ-UT[1] menjalin kerjasama dengan berbagai institusi, terutama dengan:
- PTN/PTS setempat, terutama dalam penyediaan tutor, pembimbing praktik/ praktikum, dan pengawas ujian;
- Pemerintah daerah setempat, baik dalam penyelenggaraan tutorial dan ujian maupun dalam mendapatkan beasiswa bagi mahasiswa UT; dan
- Stasiun radio dan TV setempat untuk menyiarkan tutorial atau informasi kegiatan akademik. Tutorial yang disiarkan secara rutin melalui stasiun RRI.
Pada tingkat pusat, UT juga telah lama bekerjasama dengan:
- * RRI untuk melaksanakan tutorial melalui radio;
- BRI dan BTN untuk menerima setoran uang kuliah dan uang pembelian bahan ajar;
- PT Pos Indonesia untuk mendistribusikan bahan ajar, dokumen ujian dan bahan pendukung lainya.
[sunting]Jaringan Kerjasama
Selain itu, sejumlah institusi telah menjalin kerjasama dengan UT untuk meningkatkan kualitas SDM. Beberapa institusi tersebut antara lain: Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Dalam Negeri, TNI Angkatan Laut, Departemen Pertahanan dan Keamanan, Departemen Pertanian, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Garuda Indonesia, Merpati Nusantara, PT Pos Indonesia, Badan Pusat Statistik, PT Indosat, PT Tugu Pratama, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Pusat pendidikan AL-Zaytun, Bank Tabungan Negara (BTN), ANRI, BKN, STEKPI, dan PT Jakarta Software Komunikasi serta seluruh Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Indonesia.
UT juga menjalin kerjasama dengan berbagai organisasi internasional seperti: SEAMEO (South-East Asian Ministers of Education Organization), UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), dan SEAMOLEC (SEAMEO Regional Open Learning Center) dalam upaya untuk mengembangkan pendidikan jarak jauh, World Bank dalam I’M HERE Project, DBE-USAID, dan OSAKA GAS Foundation.
UT adalah salah satu anggota pendiri beberapa organisasi internasional bidang pendidikan terbuka dan jarak jauh seperti Asian Association of Open University (AAOU), the Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAME-SEAMOLEC), dan Global Mega-University Network (GMUNET). UT juga anggota aktif dari International Council for Open and Distance Education (ICDE).
[sunting]Fakultas-Fakultas di Universitas Terbuka
UT memiliki empat fakultas dan satu program pascasarjana yang menawarkan lebih dari 30 program studi dengan jenjang yang bervariasi meliputi: Program Magister, Program Sarjana/S1, Program Diploma(D1, D2, D3 dan D4), dan Sertifikat.
[sunting]Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP)
Program Sarjana Strata 1 (S1)
- Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Pendidikan Bahasa Inggris
- Pendidikan Biologi
- Pendidikan Fisika
- Pendidikan Kimia
- Pendidikan Matematika
- Pendidikan Ekonomi
- Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
- Pendidikan Guru Sekolah Dasar(PGSD)
- Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini(PGPAUD)
Program Sertifikat
[sunting]Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik(FISIP)
Program Sarjana Strata 1 (S1)
- Administrasi Negara
- Administrasi Niaga
- Ilmu Pemerintahan
- Ilmu Komunikasi
- Sosiologi
- Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan
Program Diploma 4 (D4)
- Kearsipan
Program Diploma 3 (D3)
- Perpajakan
Program Diploma 2 (D2)
- Perpustakaan
[sunting]Fakultas Ekonomi(FEKON)
Program Sarjana Strata 1 (S1)
- Ekonomi Pembangunan
- Managemen
- Akuntansi
[sunting]Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam(FMIPA)
Program Sarjana Strata 1 (S1)
- Matematika
- Statistika
- Biologi
- Agribisnis Bidang Minat Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian/Peternakan/Perikanan
- Ilmu dan Teknologi Pangan
Program Diploma 1 (D1)
- Pengolahan Lingkungan
[sunting]Program Pascasarjana(Pasca)
Program Magister( S2)
- Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik
- Manajemen
- Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan
- Pendidikan Matematika
[sunting]Jasa Pemanfaatan Fasilitas
Fasilitas Pengolahan Data
Sejak berdiri tahun 1984, Pusat Komputer (Puskom) UT telah melaksanakan pengolahan data secara terkomputerisasi. UT memiliki fasilitas hardware dan software berupa aplikasi program komputer yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang spesifik.
Fasilitas Penyiapan, Pergudangan, dan Pendistribusian Bahan Cetak
UT memiliki tenaga terampil dan peralatan mutakhir dalam desktop publishing yang dapat memberikan layanan dalam penyiapan bahan cetak. Selain menyiapkan bahan cetak, UT juga telah berpengalaman dalam melakukan pendistribusian bahan cetak ke seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.
Fasilitas Produksi Multi Media
UT memiliki fasilitas dan sumber daya yang handal. Para personelnya telah mengikuti pendidikan dan pelatihan dalam bidang pengembangan dan produksi program audiovisual, baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, lembaga ini didukung oleh pakar dari berbagai disiplin ilmu. Dengan dukungan tenaga profesional itu, kualitas produksi Bahan Ajar Non Cetak tidak diragukan. Sejumlah institusi pemerintah dan swasta telah memanfaatkan PPBANC untuk berbagai kebutuhan seperti memroduksi materi pelatihan, company profile, promosi, dan bahan pembelajaran baik dalam bentuk video, audiotape, audiografis, slide, maupun VCD.
Fasilitas Penunjang
UT menyediakan fasilitas ruang pertemuan, seminar, workshop, dan Balai Sidang UT serta penginapan yang dapat menampung sebanyak 3.000 orang. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain:
- Wisma I, II, dan III dengan 106 kamar.
- Sarana olahraga: Jogging Track, Tenis, Futsal, Basket dan Fitness center.
- Balai Sidang UT.
[sunting]Jasa Pengembangan Sumber Daya Manusia
Kebutuhan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) tumbuh seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan merupakan wahana terpenting dalam pengembangan SDM. Selama ini fasilitas pendidikan lebih terkonsentrasi untuk memenuhi kebutuhan pembangunan di kota-kota besar. UT merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang mampu menjangkau masyarakat secara luas, tidak hanya di kota besar tetapi juga di kota-kota kecil, bahkan sampai daerah terpencil.
Dengan jangkauan yang luas, UT dapat melayani kebutuhan masyarakat secara lebih luas melalui program-program berikut:
Peningkatan Kualitas
- Administrasi Negara
- Administrasi Niaga
- Ilmu Pemerintahan
- Ilmu Komunikasi
- Perpajakan
- Pelayanan Bahasa
- Manajemen, Akuntansi
- Ekonomi dan Studi Pembangunan
- Statistika, Matematika, IPA
- Teknologi Pangan
- Penyuluhan Pertanian
Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Pengelola dan Instruktur Diklat, meliputi:
- Pelatihan Analisis Kebutuhan
- Penyusunan Perencanaan Diklat
- Pengembangan Bahan Diklat, baik dalam media cetak maupun elektronik (kaset audio, video, slide, CD-ROM, dll.)
- Penyelenggaraan Diklat, baik secara tatap muka maupun jarak jauh
- Evaluasi Program Diklat Penyuluhan kepada Masyarakat, meliputi:
- Analisis kebutuhan jenis penyuluhan
- Pengembangan dan produksi media penyuluhan dalam media cetak maupun elektronik (kaset audio, video, slide, CDROM, dll.)
- Pelatihan tenaga penyuluh
Strategi Komunikasi, meliputi:
- Teknik Berbicara di Depan Umum
- Jasa Kehumasan
- Komunikasi Organisasi Pelatihan Operator dan Programer
Komputer, meliputi:
- Word Processing
- Database
- Web Design
- Publishing
- Komputerisasi Data Perpustakaan
Pengembangan Kewirausahaan, meliputi:
- Manajemen
- Supervisi Jasa
- Potensi Ekonomi Daerah
[sunting]Jasa Penelitian & Pengembangan
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UT (LPPM-UT) membawahi tiga pusat, yaitu Pusat Penelitian, Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM), dan Pusat Antar Universitas Peningkatan dan Pengembangan Instruksional (PAU-PPI).
Penelitian
LPPM-UT memiliki pengalaman dalam melakukan penelitian murni, penelitian terapan, dan pengembangan organisasi. Penelitian dan pengembangan yang menjadi bidang garapan LPPM- UT adalah:
- Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
- Evaluasi Program Pendidikan
- Manajemen Pendidikan
- Kebijakan dan Kelembagaan
- Sosial Kemasyarakatan
- Potensi Ekonomi Daerah
- Analisis Dampak Lingkungan
- Pengembangan Wilayah
- Pertanian, Perikanan, dan Peternakan Keilmuan
- Media Pembelajaran
- Konsultasi dan Pelatihan Penelitian
- Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi
Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
Pengembangan sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan secara terpadu dan komprehensif merupakan langkah awal untuk mencapai keunggulan. Sistem informasi terpadu merupakan sarana manajemen untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Jasa layanan yang dapat dilaksanakan oleh LPPM-UT adalah:
- Desain Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang sesuai dengan kebutuhan
- Aplikasi SIM terkomputerisasi
- Homepage untuk diseminasi informasi melalui internet untuk kepentingan promosi
- Pengembangan sistem informasi
- Evaluasi Sistem Informasi
- Pengembangan Prototipe Media
Pengabdian kepada Masyarakat
Pengabdian kepada masyarakat meliputi:
- Program-program pendidikan dan pelatihan berkelanjutan, termasuk sumber daya manusia yang dibutuhkan masyarakat.
- Pengembangan program pemberdayaan masyarakat dalam upaya peningkatan kualitas hidup.
- Pengembangan jaringan kerjasama dan kemitraan untuk mendukung programprogram pendidikan berkelanjutan dan pengabdian kepada masyarakat.
- Pelayanan jasa konsultasi profesional dalam pemberdayaan masyarakat, sumber daya manusia, pendidikan, pengembangan organisasi dan pengembangan masyarakat.
Pengembangan dan Peningkatan Instruksional
Pusat Antar Universitas untuk Pengembangan dan Peningkatan Instruksional (PAU-PPI) UT mempunyai misi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada jenjang pendidikan tinggi, baik yang menggunakan Sistem Pendidikan Jarak Jauh (SPJJ) maupun pada perguruan tinggi yang menggunakan sistem tatap muka.
Dalam menjalankan programnya, PAU-PPIUT didukung oleh staf yang berpengalaman dalam bidang analisis kebutuhan, pengembangan program, pengembangan kurikulum, evaluasi hasil, evaluasi program, pengembangan prototipe bahan ajar (cetak dan non- cetak), pengembangan program tutorial berbantuan komputer, dan pelatihan peningkatan kualitas pembelajaran bagi tenaga instruktur dan widyaiswara.
Layanan PAU-PPI-UT meliputi program :
- Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI)
- Applied Approach (AA)
- Pengembangan Sistem Belajar Jarak Jauh
- Pengembangan Kurikulum
- Pengembangan Bahan Ajar
- Pelatihan Tutor
- Pengembangan Media Instruksional
- Pengembangan Program Tutorial Berbantuan Komputer
- Evaluasi Hasil Belajar
- Penelitian Tindakan Kelas
Di samping itu, PAU-PPI-UT juga memberikan layanan jasa konsultasi dalam hal pengembangan kapasitas institusi pendidikan dan pelatihan, terutama dalam bidang aktivitas instruksional dan program akademik bagi staf pengajar PTN dan PTS di seluruh Indonesia.
Aliansi strategis antara PAU-PPI-UT dengan unit-unit lain di UT, dan lebih dari 51 PTN, pusat pendidikan dan pelatihan di 25 departemen, perguruan tinggi kedinasan, serta pusat-pusat pendidikan dan pelatihan bidang khusus (perbankan, department store, supermarket, dll.) memberikan keleluasaan bagi PAU-PPI-UT untuk selalu memberikan layanan yang berkualitas berdasarkan kebutuhan pengguna.
Note : Catatan ini diambil dari Wikipedia (http://id.wikipedia.org)
Berikut adalah salah satu UT yang ada di Jawa Barat (http://www.carikampus.com)
PENERIMAAN MAHASISWA BARU
Tipe Ujian Masuk | II. REGISTRASI DAN BIAYA PENDIDIKANA. Sistem Registrasi UT menyelenggarakan 2 (dua) program pendidikan, yakni program Pen¬das dan Non-Pendas, Program Non-Pendas adalah program pendidikan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum. Sedangkan Program Pendas merupakan program yang diselenggarakan secara khusus. Pada saat ini program studi yang termasuk dalam program Pendas adalah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD). 1. Jenis RegistrasiKedua jenis program ini mempunyai sistem registrasi dan waktu ujian yang berbeda. Pada program Non-Pendas semua mata kuliah ditawarkan setiap semester (masa registrasi), sedangkan pada program Pendas mata kuliah ditawarkan dalam bentuk paket semester. UT mengenal 3 (tiga) jenis registrasi, yaitu registrasi pertama, registrasi mata kuliah, dan registrasi Tugas Akhir Program (TAP). Registrasi pertama merupakan pencatatan data pribadi mahasiswa beserta mata kuliah yang diambil pada semester pertama. Pencatatan data pribadi hanya dilakukan satu kali selama menjadi mahasiswa UT, yaitu saat registrasi pertama. Selanjutnnya, 2. Waktu Registrasisetiap awal masa registrasi semester berikutnya mahasiswa melakukan registrasi mata kuliah. Menjelang akhir masa studi, setiap mahasiswa program S1 diharuskan menempuh TAP yang diawali dengan melakukan registrasi TAP. Pada dasarnya mahasiswa UT dapat melakukan registrasi sepanjang waktu, namun dalam pelaksanaannya waktu registrasi diatur sebagai mana tercantum dalam Tabel II.1.a dan II.1.b. Mahasiswa dianjurkan untuk melakukan registrasi dan membeli bahan ajar pada awal masa registrasi agar mempunyai waktu belajar yang lebih panjang.
Registrasi harus dilakukan di UPBJJ-UT dan berkasnya dapat diperoleh di UPBJJ-UT. Alamat UPBJJ-UT dapat dilihat pada Lampiran 2 pada Katalog UT 2009, dan bagi mahasiswa yang berdomisili di luar negeri registrasi harus dilakukan melalui Kantor Perwakilan RI setempat. Alamat Kantor Perwakilan RI dapat dilihat pada Lampiran 17 pada Kaltalog UT 2009. Tabel II.1.a Jadwal Registrasi dan Ujian untuk Program Non-Pendas
UAS = Ujian Akhir Semester TAP = Tugas Akhir Program Jadwal registrasi dan ujian dapat dilihat pada Kalender Akademik UT Tahun 2009. Tabel II.1.b Jadwal Registrasi, Pengiriman Rekap Nilai Tugas Tutorial ke UPBJJ-UT dan Jadwal UAS untuk Program Pendas
B. Registrasi Pertama
Mahasiswa yang telah terdaftar sebagai mahasiswa UT harus melakukan registrasi mata kuliah dengan menggunakan TBS-UT untuk dapat mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS). TBS-UT dapat diperoleh secara cuma-cuma di UPBJJ-UT atau Kantor Cabang Bank BTN/BRI (alamat Kantor Cabang Bank BTN, Kantor Cabang Pembantu Bank BTN, Kantor Kas Bank BTN, SOPP Bank BTN, dan Kancab. Bank BRI dapat dilihat pada Lampiran 18 dan 19 pada Katalog UT 2009.
Contoh:
Mahasiswa dianjurkan untuk memilih mata kuliah mulai dari tingkatan dan urutan yang terendah. Untuk mahasiswa program Non-Pendas, jumlah maksimal mata kuliah yang dapat diregistrasi setiap masa registrasi sebanyak 10 mata kuliah. Untuk mahasiswa baru program Pendas mata kuliah yang diregistrasi sebanyak 1 (satu) paket. Untuk semester berikutnya mahasiswa Pendas dapat meregistrasi maksimal 15 mata kuliah (meliputi paket mata kuliah semester berjalan dan registrasi mata kuliah untuk ujian perbaikan). Jumlah mata kuliah ini disesuaikan dengan waktu ujian yang tersedia dengan catatan jam ujian tidak bentrok. Apabila mahasiswa meregistrasikan dua atau lebih mata kuliah yang waktu ujiannya bersamaan (bentrok), maka salah satu di antaranya akan dibatalkan. Mahasiswa hanya berhak mengikuti ujian satu mata kuliah saja, sedangkan mata kuliah yang lainnya dianggap batal registrasinya (lihat Tabel II.3). Tabel II.3Contoh Waktu Ujian Bentrok
Waktu ujian mata kuliah MKDU4105 dan ESPA4111 bentrok, karena waktu ujiannya bersamaan yaitu hari ujian ke-2 jam ke-4. Jika mahasiswa meregistrasi kedua mata kuliah tersebut dalam masa registrasi yang sama, maka mahasiswa hanya berhak mengikuti ujian mata kuliah ESPA4111, MKDU4101, dan ESPA4112. Mata kuliah MKDU4105 dinyatakan batal. Penentuan mata kuliah yang teregistrasi dilakukan berdasarkan urutan abjad dari kode mata kuliah. Mata kuliah yang batal dapat diganti dengan mata kuliah lain sebelum masa registrasi berakhir. Apabila tidak dilakukan penggantian, maka mata kuliah tersebut dianggap gugur dan SPP yang dibayarkan tidak dapat diminta kembali. 2. Cara Melakukan Registrasi Mata Kuliah
D. Pendaftaran Tugas Akhir Program (TAP) TAP diselenggarakan bagi mahasiswa program sarjana (S1) menjelang penyelesaian studinya, dengan tujuan untuk menverifikasi penguasaan secara komprehensif terhadap suatu bidang ilmu tertentu. Keterangan lengkap tentang TAP dapat dilihat pada Buku Petunjuk Pendaftaran TAP yang terdapat dalam Berkas Pendaftaran TAP. 1. Persyaratan Akademik
Pendaftaran TAP dilakukan oleh mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan akademik dengan prosedur sebagai berikut.
Tabel II.4Ciri Berkas Pendaftaran Tugas Akhir Program (TAP)
E. Pembatalan Registrasi Mahasiswa yang telah melakukan registrasi, karena sesuatu hal dapat mengajukan pembatalan registrasi. Pembatalan registrasi dapat diajukan dengan ketentuan sebagai berikut.
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Keterangan | Biaya PendidikanF. Biaya Pendidikan 1. Harga Berkas Registrasi Harga berkas registrasi dan pendaftaran TAP disajikan dalam tabel berikut. Tabel II.5 Harga Berkas Registrasi
2. Biaya Layanan Administrasi Akademik untuk Mahasiswa Non-Pendas dan Pendas yang Lewat Masa Studi Setiap mahasiswa yang melakukan registrasi dikenakan biaya layanan administrasi akademik sebesar Rp60.000,00. 3. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Sumbangan Pembinaan Pendidikan yang selanjutnya disingkat SPP adalah sumbangan yang dikenakan kepada mahasiswa untuk digunakan bagi keperluan penyelenggaraan dan pembinaan pendidikan. Besarnya SPP di UT disajikan pada tabel berikut. Tabel II.6 Besar SPP per Program
Keterangan: *) Biaya belum termasuk biaya praktek dan praktikum, sedangkan untuk mata kuliah PKM sudah termasuk biaya praktek dan ujian. a. Program Non-Pendas Bagi mahasiswa Program Non-Pendas besarnya biaya pendidikan per semester adalah biaya layanan administrasi akademik Rp60.000,00 ditambah jumlah sks yang diambil dikalikan Rp20.000,00 dapat dirumuskan sebagai berikut: {Rp 60.000,00 + (Jml. sks x Rp 20.000,00)}. Contoh perhitungan biaya pendidikan program Non Pendas:
c. Program S1 Sistem Paket Semester (SIPAS) Non-Pendas FKIP
Untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan, mahasiswa diwajibkan mengisi TBS-UT (satu TBS untuk satu mahasiswa dan untuk satu jenis pembayaran). Mahasiswa tidak dibenarkan membayar secara kolektif. SPP bagi mahasiswa penerima beasiswa diatur oleh UT dan instansi pemberi beasiswa. Untuk mahasiswa program Non-Pendas, harga bahan ajar dapat dilihat pada Daftar Harga Buku yang terdapat di UPBJJ-UT. Sedangkan untuk mahasiswa program Pendas biaya bahan ajar sudah termasuk dalam SPP. 5. Biaya Praktik dan PraktikumBiaya praktek dan praktikum dirinci sebagai berikut:
6. Biaya Permohonan Alih Kredit Biaya permohonan alih kredit terdiri atas:
Dibayar melalui Bank BTN/BRI dengan menggunakan TBS-UT dengan memilih jenis pembayaran alih kredit. 7. Biaya TutorialUntuk program Pendas, UT menyediakan tutorial tatap muka (mata kuliah bertanda T pada tabel struktur kurikulum) dan biayanya sudah termasuk dalam SPP. Biaya tutorial tatap muka atas permintaan mahasiswa (TTM-ATPEM) tidak termasuk dalam SPP. Besarnya biaya TTM-ATPEM dapat ditanyakan kepada UPBJJ-UT setempat. 8. Biaya Pembuatan Transkrip Sementara Biaya pembuatan Transkrip Sementara sebesar Rp15.000,00 dan dibayar melalui Bank BTN/BRI dengan menggunakan TBS-UT. 9. Biaya Penggantian Kartu MahasiswaBiaya penggantian kartu mahasiswa yang hilang sebesar Rp20.000,00 dan dibayarkan melalui Bank BTN/BRI dengan menggunakan TBS-UT. 10. Biaya TransferMahasiswa dapat memilih cara pembayaran biaya pendidikan yaitu melalui Kantor Cabang Bank BTN, Kantor Cabang Pembantu Bank BTN, Kantor Kas Bank BTN, SOPP Bank BTN dengan biaya transfer Rp 3.000,00 per transaksi, atau Kantor Cabang Bank BRI dengan biaya transfer Rp 5.000,00 per trasaksi. |
No comments:
Post a Comment